Minggu, 30 Januari 2011

My 1st Sate (Ayam)

1st time ...
Segalanya jadi tampak luar biasa
Juga kali ini, ga tau ada niat dari mana ... tiba" pengen banget makan sate ayam :D
Jadi inget sepanjang Jembatan 1 sampai 8 (depan rumah) berjejer penjual makanan, sate begitu mudah didapat, tinggal tunjuk hiks hiks hiks

Salah satu makanan khas Indonesia ini tidak mudah didapat dinegara ini pastinya.
Atau mau pilih yg seenank selera kita ? oooo jangan harap, kalaupun toh ada ya harus rela dengan apapun konsekwensi rasanya ;)

Nekat...

tapi alhamdulilah tidak mengecewakan (satisfied utk pengalaman pertama)
dan satu lagi yg aku suka , ga sesulit yg aku bayangkan sebelumnya, SIMPLE


Lengkap dengan pilihan sambalnya, kacang or kecap ?

Untuk pertama ini belum brani nyobain banyak, cukup kira" 10 tusuk saja (takut gagal )

Step 1
Potong dadu dada ayam, cuci dan bersihkan, lumuri garam dan air jeruk nipis.
Diamkan kurang lebih 1jam agar meresap sambil menyiapkan lainnya.

Step 2
Tusuk ayam sesuai selera

Lumuri dengan bumbu untuk memanggang yg terdiri dari
sambal kacang + saus tomat + margarin + kecap manis (hasil kreasi sendiri lho)
Soalnya bener" bingung saat coba liat" resep...semua beda"
jadi why not klo aku juga berkreasi sendiri :D
Awalnya sih maksudnya memadukan sate tradisional mix dengan BBQ hehehe



Step 3
Panggang sampai matang.
Kebetulan ga punya alat pemanggang dengan arang seperti sate asli...alhasil pake microwave (aku grill 25menit) dan hasilnya cantiq and soft dilidah

Siap diGrill

Simple banget kan ?
Tinggal sambalnya deh...

Sambal kecap :
Sebenernya aku juga dapetin resep ini dari seorang sobat waktu beberapa tahun lalu ada acara dipuncak and kita BBQan.
Rahasia kelezatan sambal kecap ternyata simple banget yaitu tergantung dari cara memilih bahannya dan juga cara penyajiannya.
Untuk bahannya pilih cabe, tomat, dan bawang merah yg fresh (potong kecil)
Campurkan dengan kecap manis .
Jangan langsung dihidangkan setelah smua bahan dicampur , tapi diamkan minimal 1 atau 2 jam (boleh juga disimpan dlm lemari es)

Sambal kacang :
> Kacang goreng
> Cabe merah
> Bawang merah and bawang putih
> Kemiri
> Daun jeruk
> Gula merah
> Air asam
> sedikit garam

Smua bahan aku sangrai (goreng tanpa minyak)kecuali gula merah dan air asam tentunya
Kemudian aku haluskan dengan hand bland sampai keluar minyaknya
Dan terakhir tambahkan gula merah dan air asam, kemudian haluskan kembali sampai rata

* Note : Semua bahan sengaja tidak aku pakai takaran karena semua tergantung selera.



Andapun pasti bisa membuat sate simple ini :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar